Obat Rematik Alami sering menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang sedang mengidap penyakit rematik untuk mengatasi berbagai keluhan atau gejala yang mereka rasakan. Selain itu, merubah pola hidup menjadi lebih sehat merupakan salah satu rekomendasi yang memang perlu untuk dilakukan supaya gejala rematik dapat dicegah dan diatasi.

4 Obat Rematik Alami dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya


Terdapat beragam jenis pengobatan yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala rematik, serta membantu mencegah gejala tersebut kambuh lagi, ada yang secara medis, ada juga pengobatan alami yang menggunakan bahan-bahan herbal sebagai bahan utama pengobatannya.

Obat Rematik Alami mencakup sejumlah tanaman herbal yang diyakini memiliki sifat anti-peradangan, yang bagus untuk mencegah serta mengatasi peradangan pada tulang dan persendian dan juga membantu meredakan rematik.

Berikut Ini Adalah 4 Obat Rematik Alami dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya yang bisa Anda Coba di rumah :


1. Jahe
 Jahe merupakan salah satu bahan dapur yang memiliki beragam manfaat bagus sekali untuk kesehatan tubuh. Selain dapat memberikan efek hangat pada tubuh, ternyata jahe juga diyakini sangat bagus sekali untuk membantu dalam mencegah serta mengatasi gejala rematik.

Jahe merupakan salah satu rempah yang diyakini memiliki sifat anti-peradangan karena kandungan senyawa gingerol.

Untuk cara pengolahannya :

  • Cuci dan bersihkan jahe, kemudian iris tipis-tipis.
  • Taruh irisan jahe dalam 2 cangkir air, rebus selama 10-20 menit.
  • Tambahkan madu dan jeruk nipis atau bisa ditambahkan gula untuk memperkaya rasa.

2. Bawang Putih
 Meski masih perlu diteliti lebih jauh, namun studi yang ada menunjukkan bahwa bawang putih memiliki efek anti-peradangan, karena menghambat produksi zat sitokin yang dapat memicu reaksi radang.

Bawang putih dapat ditambahkan ke berbagai jenis makanan, termasuk sayur tumis atau sup. Khasiat dan manfaat bawang putih dapat dimaksimalkan jika dikonsumsi mentah karena memasaknya terlalu matang dapat menghancurkan kandungannya yang penting.

3. Daun Seledri
 Selain sering digunakan untuk menambah citarasa, daun seledri juga memiliki manfaat yang sangat bagus sekali untuk kesehatan, salah satunya untuk pengobatan asam urat dan rematik. Pada seledri terdapat terdapat beragam kandungan nutrisi yang sangat bagus sekali untuk menjaga kesehatan beberapa diantaranya yaitu klorin, asam lemak esensial, inositol, sulfur, folat, potasium , mangan , fosfor , selenium, seng, vitamin B1 dan vitamin A.

Berikut ini cara pengolahan seledri untuk pengobatan :


  • Siapkan biji seledri sebanyak 2 gram yang sudah dicuci bersih
  • Kemudian rebus dengan 110 ml air bersih hingga mendidih atau selama 15 menit
  • Saring ramuan tersebut, lalu minum airnya sebagai obat tradisional
  • Minum ramuan tersebut sebanyak 1 kali dalam sehari


4. Lada Hitam
 Lada hitam merupakan jenis rempah yang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dalam pengobatan tradisional, lada hitam sering digunakan untuk mengatasi rasa nyeri serta pembengkakan. Penelitian menunjukkan, pada lada hitam terdapat kandungan kapsaisin yang memiliki sifat anti-peradangan.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mencampurkan secukupnya lada hitam ini pada beberapa masakan berkuah.

Selain memanfaatkan Obat Rematik Alami, melakukan pola hidup yang sehat, menjaga berat badan serta istirahat yang cukup merupakan beberapa hal yang sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan rematik.

Banyak dokter juga merekomendasikan kompres hangat dan kompres dingin untuk mengurangi gejala nyeri sendi akibat rematik. Anda cukup mengompres 15 menit setiap kali terapi dengan alat kompres khusus atau bisa juga menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat maupun dingin, pada daerah yang mengalami sakit rematik.

4 Obat Rematik Alami dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya