hampir setiap orang menginginkan berat badan tubuh yang ideal, terutama para kaum wanita, mereka terkadang merasa kurang percaya diri jika bentuk tubuhnya terlihat besar / gemuk. Selain itu, berat badan berlebih juga cukup berbahaya, karena kondisi ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan.


Banyak beragam cara yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan, akan tetapi Anda tetap perlu untuk selalu berhati-hati, karena tidak sedikit orang yang melakukan proses untuk menurunkan berat badan berakhir dengan sakit, hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya asupan makanan dalam tubuh, atau berolahraga yang terlalu berlebihan.

Cara Cepat & Sehat untuk Menurunkan Berat Badan yang Mudah untuk Dicoba

Pada dasarnya, menurunkan berat badan yang cepat dan sehat adalah dengan mengontrol asupan makanan kita, memilih jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi, serta memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh.

Selain itu, banyak beragam cara lainnya yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan secara cepat dan tentunya juga sehat. Berikut ini beberapa tips mengenai diet cepat yang tentunya sehat :

Tentukan target yang sehat tiap minggu.
Tentukan lah target yang realistis setiap minggunya supaya bisa mendapatkan hasil positif. Memiliki target tiap minggunya merupakan suatu hal yang cukup penting sebagai langkah menuju perubahan gaya hidup secara berkelanjutan. Selain itu, apabila target tersebut terpenuhi, akan membuat Anda merasa positif dan lebih bersemangat dalam menjalankan program penurunan berat badan.

Contohnya, apabila dalam tiap hari Anda sering mengonsumsi makanan yang digoreng, maka Anda bisa menargetkan untuk tidak mengonsumsi gorengan dalam kurun waktu selama satu minggu. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi selingat sehat seperti buah kering.

Selalu aktif bergerak
Sebagai tahapan awal supaya tubuh bisa merasa tetap bugar, Anda dianjurkan untuk selalu aktif bergerak tiap harinya. misalnya bersepeda atau membersihkan rumah. Apabila Anda memiliki waktu yang cukup sibuk setiap harinya, cara terbaik supaya Anda bisa tetap selalu aktif bergerak adalah dengan membuat jadwal untuk olah tubuh tiap pagi hari. Usahakan untuk berolahraga sekitar 2-3 jam setiap minggunya.

Hindari makanan kemasan
Membatasi makanan dalam kemasan, makanan siap saji, serta makanan yang digoreng merupakan salah satu hal yang penting dalam membantu tubuh Anda supaya berat badan tidak meningkat secara drastis.

Beragam jenis makanan seperti ini biasanya memiliki kandungan kalori, bahan pengawet, dan garam yang cukup tinggi, dan sangat tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk Anda yang sedang dalam proses penurunan berat baar.

Memilih makanan yang diolah dengan cara tertentu.
Alangkah baiknya untuk menghindari makanan yang diogren, dan beralih pada makanan yang dikukus ataupun direbus. Kandungan nutrisi pada makanan yang direbus ini lebih lengkap jika dibandingkan dengan yang digoreng. Selain itu, makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori dan lemak jenuh yang cukup tinggi dan berpengaruh terhadap kesehatan, serta pada proses penurunan berat badan Anda.

Atur ulang isi piring Anda.
Penuhi sepertiga bahan makanan di piring dengan daging tanpa lemak, ikan, atau daging unggas. Cobalah untuk memperbanyak porsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Pilihlah jenis sumber karbohidrat yang sehat seperti beras merah atau kentang. Makan buah yang tidak terlalu manis seperti apel, tomat dan avokad.

Memulai dan melanjutkan kebiasaan-kebiasaan baik.
Membiasakan hidup sehat merupakan hal yang perlu untuk tetap dipertahankan, karena selain bisa membantu menurunkan berat badan, banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Berikut ini beberapa kebiasaan sederhana yang bisa Anda coba :

  • Mengonsumsi air mineral dengan cukup dan teratur.
  • Jangan melewatkan makanan utama.
  • Perbanyak konsumsi sayur agar Anda merasa kenyang lebih lama.
  • Hindari membeli atau menyimpan makanan ringan berkalori tinggi di rumah.
  • Disiplinkan waktu olahraga Anda.
  • Makanlah dengan tenang sambil duduk di meja makan dan bukan sambil bekerja.

Selain dapat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan, dengan Anda menerapkan pola hidup sehat, Anda juga bisa mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, dan dapat membuat tubuh Anda menjadi selalu terasa sehat dan bugar.

Cara Cepat & Sehat untuk Menurunkan Berat Badan yang Mudah untuk Dicoba