Apakah Anda Seorang Ibu yang Mendambakan Kehadiran Sang Bayi ?

Sedang Mencoba Prgam Hamil untuk Mendapatkan Momongan ?

Sedang mencari Cara Supaya Program Hamil (Promil) Berhasil & Sukses Mendapatkan Momongan ?

Tetnunya informasi mengenai program hamil yang tepat merupakan suatu informasi yang sangat penting sekali untuk diketahui bagi Anda yang sedang mendambakan keturunan. Walapun pada sebagian orang, kehamilan dapat terjadi dengan sangat mudah, akan tetapi terdapat pada beberapa orang yang memerlukan waktu, usaha serta kesabaran untuk bisa hamil.



Nah, untuk Anda yang saat ini sedang mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan, dan sedang mencari cara mengenai program hamil yang tepat dan benar. Disini kami akan membahas mengenai beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mensukseskan program hamil Anda.

Stop KB dan Alat Kontrasepsi Lainnya
Sebelum Anda dan suami memulai program hamil, tentunya langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan menghentikan penggunaan KB serta alat kontrasepsi lainnya seperti kondom, spiral ataupun implan. Apabila Anda seorang wanita yang sudah mengkonsumsi kontrasepsi oral dalam jangka waktu yang cukup lama, maka diperlukan waktu hingga beberapa siklus mensturasi supaya dapat memulai berovulasi secara teratur lagi dan siap untuk hamil.

Deteksi Masa Subur Wanita
Walaupun Anda sering berhubungan intim dengan suami Anda, akan tetapi jika ini dilakukan dalam waktu yang bukan masa suburnya, Ada kemungkinan Anda untuk hamil cukup kecil.  Maka dari itu, berhubungan diwaktu masa subur merupakan salah satu hal yang paling tepat dalam menjalankan program hamil.

Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, sebaiknya cari tahu dulu berapa lama siklus menstruasi Anda terjadi. Berikut adalah cara menghitung lamanya siklus menstruasi.

  • Hitung dari hari pertama menstruasi dalam satu bulan hingga ke bulan berikutnya. Misalkan di bulan Juni Anda mengalami menstruasi pada tanggal 1, lalu di bulan Juli pada tanggal 2. Jarak waktu 1 Juni hingga 2 Juli adalah 32 hari. Disarankan untuk menghitung siklus menstruasi selama 6 hingga 12 bulan.
  • Setelah itu, kurangi jumlah siklus menstruasi terpendek Anda dengan angka 18. Misalkan siklus haid paling pendek Anda adalah 28, maka 28-18=10. Ini berarti hari ke-10 dalam siklus haid merupakan hari pertama masa subur Anda terjadi.
  • Selanjutnya, kurangi jumlah siklus menstruasi terpanjang Anda dengan angka 11. Misalnya siklus haid terpanjang Anda adalah 32 hari, maka 32-11=21. Ini berarti hari ke-21 merupakan waktu terakhir masa kesuburan Anda.
  • Jika Anda ingin segera memiliki buah hati, disarankan untuk melakukan hubungan seksual di antara dua tanggal tersebut, yaitu hari ke-10 hingga ke-21 dalam siklus kalender haid Anda.

Berhubungan Intim sebelum Masa Ovulasi
Sperma dapat bertahan hidup dalam rahim dan saluran telur selama dua sampai tiga hari, sedangkan sel telur hanya bisa bertahan hidup selama 12 sampai 24 jam saja. Jadi, dengan berhubungan intim dua atau tiga hari sebelum Anda berovulasi, kemungkinan besar masih akan ada sperma hidup di dalam rahim pada saat ovulasi terjadi. Sperma tersebut sedang menunggu dan siap untuk membuahi sel telur, segera setelah sel telur dilepaskan dari indung telur.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan pada saat berhubungan intim, supaya kemungkinan Anda hamil cukup besar :

  • Berhubungan intim sebelum tidur
  • Bagi wanita, berbaring telentang setelah bercinta
  • Melakukan hubungan dengan posisi misionaris. Yaitu posisi yang banyak disarankan, sebab wanita berada dalam posisi berbaring telentang.
  • Jangan menggunakan pelumas saat berhubungan intim

Selain melakukan beberapa tips di atas, Anda juga dianjurkan untuk melakukan gaya hidup sehat supaya tingkat kesuburan Anda semakin menginkat. 

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu menginkatkan kesuburan Anda :

Terapkan pola makan yang sehat. Pastikan Anda menjauhi beragam jenis makanan siap saji ataupun junkfood, serta minuman bersoda. Selain itu, Memperbanyak asupan bernutrisi tentunya merupakan salah satu hal yang sangat penting sekali. Pastikan Anda mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, susu rendah lemak, makanan berprotein dan kaya zat besi. 

Konsumsi vitamin. Terdapat beberapa vitamisn serta suplemen yang bisa meningkatkan kesuburan, beberapa diantaranya seperti Vitamin B, C, D, E, selenium, zinc, zat besi, koenzim Q10, dan suplemen folat. Selama program hamil, Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat 400mcg seriap harinya.

Menerapkan pola hidup sehat. Berhenti dari kebiasaan yang kurang baik seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu langkah awal untuk memperbaiki tingkat kesuburan Anda. Selain itu, menjaga berat badan supaya tetap ideal serta rutin berolah raga adalah beberapa hal yang juga perlu untuk Anda perhatikan dan lakukan.

Itulah beberapa tips mengenai Cara Supaya Program Hamil (Promil) Berhasil & Sukses Mendapatkan Momongan. Semoga saja informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk mendapatkan keturunan.

Cara Supaya Program Hamil (Promil) Berhasil & Sukses Mendapatkan Momongan